Sekretariat: Jl. Raya Cijulang No. 22 Margacinta - Pangandaran

Minggu, 23 Agustus 2015

Saung Angklung "Mang Koko"

Saung angklung Mang Koko ini terletak tidak jauh dari Jalan Raya Utama, kurang lebih 400 m dari pusat kantor Kepala Desa Margacinta ke sebelah barat. Disini kita bisa mengenal lebih jauh pengetahuan kita mengenai alat musik tradisional angklung Sunda. Angklung yang berasal dari Margacinta berbeda bentuknya dengan angklung yang biasa kita ketahui. Hal ini terlihat dari jumlah bamboo yang digunakan terdiri dari 3 buah bambu. Orang margacinta biasa menyebut nya dengan nama Roel. Jumlah 3 mengartikan bapa, ibu dan anak. Anklung ini merupakan pengembangan dari angklung yang biasa digunakan pada alat musik Badud

Seiring dengan perkembangan jaman mang Koko juga memodifikasi angling Badud tersebut menjadi  sebuah angklung modern. Angklung yang biasa kita mainkan biasanya kita gerakan kesamping, namun mang koko kini menciptakan sebuah angklung yang bisa digerakan seperti hal nya kita bermain piano, mang koko menyebutkan angklung tersebut dengan nama Angklung Toel. Namun bunyi atau suara yang keluar tidak merubah suara asli sebuah angklung, hanya saja mang koko merubah cara memainkan angklungnya saja.

Disini juga kita bisa menyaksikan dan belajarmembuatan angklung dari mulai pemilihan bahan, pembuatan dan pengukiran angklung hingga angklung bisa di mainkan. Selain untuk angklung pementasan disini juga memproduksi angklung untuk souvenir dengan berbagai macam ukuran.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar